Rabu 02 2022

8 Tips Sukses Jualan Online Yang Bisa Anda Coba

Perkembangan internet saat ini juga dapat membuka peluang bisnis. Kehadiran media sosial, website, dan blog gratis dapat membantu mempermudah penjualan secara online. Bagi yang ingin memulai bisnis, tips jualan online bisa langsung diterapkan.

1. Identifikasi dan Putuskan Produk Apa yang Ingin Anda Jual Ketika berbicara tentang produk, Anda bebas mengidentifikasi apa yang ingin Anda jual. Namun, tidak semua produk bisa dijual. Terutama online. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah menemukan ide penjualan dan memutuskan produk apa yang ingin Anda jual. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mencoba beberapa cara.  

a. Memilih Produk yang Dapat Menyelesaikan Masalah Pelanggan Pada fase ini, Anda harus peka terhadap apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan Anda. Misalnya pembersih bulu kucing. Alat ini tergolong unik karena bisa sangat dibutuhkan oleh para pemilik hewan peliharaan terutama yang memiliki bulu. 

b. Temukan produk yang disukai banyak orang
Anda bisa melakukan beberapa riset terlebih dahulu mengenai produk yang mungkin memiliki peminat yang banyak. Produk-produk ini biasanya dapat berupa makanan atau barang-barang rumah tangga. Namun, Anda harus siap bersaing dengan banyaknya pesaing. c. Menarik bagi mereka yang memiliki hobi Anda memiliki hobi dan Anda dapat memperoleh manfaat darinya, jika Anda bergabung dengan komunitas. Misalnya, tidak ada salahnya komunitas nelayan mencoba menjual alat tangkap. Orang yang hobi dengan hobinya biasanya tidak masalah membayar produk yang diinginkan.

d. Ikuti tren lebih awal Melihat tren lebih awal bisa menjadi keuntungan besar bagi Anda. Hal ini bisa membuat Anda menjadi orang pertama, sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan.  

e. Mengidentifikasi segmentasi dari kategori pasar
Bagian ini adalah bagian terbesar yang tidak boleh Anda lupakan. Mengidentifikasi kategori pasar dan jenis pelanggan dapat membantu Anda menemukan produk untuk dijual. Misalnya, jika Anda memiliki produk berupa alat rias, Anda bisa membidik pelanggan wanita. Dengan berfokus pada kategori alat kecantikan, Anda berada di posisi yang tepat untuk membentuk segmen pelanggan sasaran Anda. f. Menerapkan Konsep Unique Selling Proposition (USP) Sederhananya, USP membuat produk atau layanan Anda unik dan menarik. Saat menerapkan konsep ini, Anda dapat menggunakan metode berikut:  
  • Kualitas Menggunakan bahan yang lebih baik atau metode pembuatan yang berbeda dari pesaing kita. Oleh karena itu, ini bisa menjadi keunggulan yang tidak dimiliki pesaing.
  • Penetapan Harga Penetapan harga rendah adalah ide yang bagus, tetapi Anda harus dapat menyeimbangkan harga jual dan modal Anda. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan pengiriman gratis, diskon, atau harga khusus.

2. Buat situs web untuk toko Anda Memiliki situs web resmi Anda sendiri memungkinkan Anda untuk berhubungan langsung dengan pelanggan Anda. Sebuah website juga memberikan kredibilitas bisnis Anda dan membuatnya terlihat lebih profesional. Pelanggan biasanya tidak mempercayai produk dan layanan perusahaan yang tidak dapat mereka temukan di Internet. Oleh karena itu, situs web toko resmi memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan bahwa mereka dapat mempercayai produk yang mereka jual.

Tapi website harus terlihat bagus. Pelanggan bahkan tidak dapat mempercayai bisnis Anda hanya dengan situs web yang tidak terawat. Selain itu, situs web juga memungkinkan Anda memasuki pasar yang lebih besar. Ya, tidak ada apa-apa selain Internet.

3. Menggunakan toko online Menggunakan toko online atau e-commerce mempermudah proses transaksi dan pengiriman barang Anda, sehingga penjualan Anda lebih efisien. Menggunakan layanan toko online menguntungkan Anda, penjual, dan pelanggan, pembeli. Karena Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Selain itu, Anda dapat menganalisis toko dan penjualan produk Anda menggunakan berbagai fitur yang ditawarkan oleh toko online Anda. Perihal Total Penjualan dan Umpan Balik Pelanggan mengenai pelayanan atau produk yang dijual. Sehingga bisnismu dapat menjadi lebih berkembang.  


4. Memanfaatkan Media Sosial Berbicara tentang berjualan online tanpa media sosial, rasanya tidak lengkap. Seperti yang Anda ketahui, media sosial memiliki banyak pengguna. Ini menciptakan peluang bagi lebih banyak pelanggan untuk lebih terbuka. Selain itu, beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menjual produk secara langsung kepada pelanggan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pesan langsung (direct message/dm) atau fitur khusus dari media sosial itu sendiri. Instagram adalah salah satu media sosial yang bisa Anda coba. Selain trendi, fitur-fiturnya sangat cocok bagi mereka yang ingin berjualan online. Namun penggunaan media sosial tidak hanya untuk penjualan. Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan mengunggah konten menarik seperti video dan gambar. Ini membuat perusahaan dan produk Anda langsung dikenali orang. Ini juga disebut kesadaran merek.  Plus, menggunakan media sosial juga dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan. Misalnya, Anda dapat membangun hubungan dengan mereka dengan membuat konten interaktif, meminta umpan balik tentang produk, atau membalas komentar pada konten yang Anda unggah. Namun yang terpenting dalam hal ini adalah menjaga bisnis Anda tetap eksis di media sosial yang Anda gunakan. 5. Jadikan bisnis Anda dapat ditemukan Agar bisnis Anda mudah ditemukan, bisnis Anda harus terlihat di Google Penelusuran. Namun, ini tidak dilakukan secara otomatis. Mengutip dari Google Business, Anda dapat melakukannya dengan cara ini:  a. Submit website Anda ke Google Search Console GSC membantu Anda mengoptimalkan website bisnis Anda agar mudah muncul di Google Search. Anda juga dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs web atau toko Anda, mengklik dan menganalisis perangkat apa yang mereka gunakan saat berkunjung b. Menggunakan Google Bisnisku Google Bisnisku memudahkan pelanggan mendapatkan informasi tentang bisnis Anda. Misalnya, alamat lengkap Anda dan produk yang Anda jual. Anda juga dapat menganalisis pelanggan Anda dan berkomunikasi langsung dengan mereka menggunakan fungsi penilaian dan komentar. c. Implementasi Digital Marketing Selain GSC dan Google Business, Google Trends dapat digunakan untuk mengefektifkan proses pencarian produk secara online. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk menjelajahi tren saat ini. Ini memungkinkan Anda menggunakan kata kunci yang berbeda untuk berhubungan dengan produk yang Anda jual. Selain itu, Anda dapat menggunakan blog di situs web toko Anda untuk menarik perhatian pelanggan saat mempromosikan produk Anda. 6. Jadikan Toko Anda Menarik Anda dapat memulai dengan menambahkan detail pada foto barang yang Anda jual. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat beberapa rangkaian foto, mulai dari produk hingga penggunaan model dan tampilan. Selanjutnya, buat logo untuk branding perusahaan. Logo ini akan menjadi identitas Anda untuk membantu pelanggan mengingat bisnis Anda. Anda juga bisa membuat deskripsi produk yang menjual dengan bahasa yang menarik. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan elemen hobi atau sesuatu yang spesifik pada produk yang Anda jual. Misalnya, 

"Travel Bag yang keren, praktis dan cocok untuk semua orang yang suka traveling.
Kapasitasnya cocok untuk menyimpan dompet, handphone dan alat lainnya. Ini juga dilengkapi dengan saku tersembunyi untuk menyimpan barang-barang penting dengan aman. "

7. Hindari konflik dengan pelanggan
Pengalaman pelanggan gesekan dapat membuat mereka merasa frustrasi, stres, dan marah, merusak pengalaman mereka. Ini sebenarnya sangat subjektif dan tergantung situasi. Misalnya, kehabisan stok atau lambat menanggapi pertanyaan pelanggan. Jujurlah dan jangan salahkan pelanggan saat menghadapi situasi ini. Anda dapat mengkomunikasikannya dengan baik dan sabar. Yang paling penting adalah menghindari konflik dengan pelanggan untuk waktu yang lama. 8. Gunakan dari mulut ke mulut Apakah Anda percaya? Memasarkan produk Anda melalui percakapan dengan seseorang yang dekat dengan Anda terbukti sangat efektif. Nah, cara ini biasa disebut dengan word of mouth. Sederhananya, dari mulut ke mulut adalah strategi pemasaran dengan menciptakan situasi di mana produk atau merek Anda dibahas oleh banyak orang. Dengan menggunakan metode ini, Anda tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, tetapi juga meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan menghemat uang. Jika Anda baru mulai menjual produk, Anda bisa memulainya dengan mempromosikan strategi ini kepada orang-orang terdekat Anda, seperti teman, kolega, dan anggota keluarga. Namun ini tentu membutuhkan produk yang berkualitas. Setelah produk yang Anda promosikan dianggap dapat diterima oleh orang-orang terdekat Anda, tidak ada salahnya mengembangkan strategi tersebut dengan mulai menggunakan jasa Celebgram. Namun, anggaran juga harus disesuaikan saat memilih selebriti dan influencer. Ini adalah peluang atau tips berjualan online khusus untuk pemula. Saya berharap bisnis Anda berkembang pesat.   

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search