Selasa 15 2019

Contoh Test Untuk Lowongan IT Staff

Contoh Soal Test Untuk Lowongan IT Staff

Beberapa Contoh Test Untuk Lowongan IT Staf - Troubleshooting Komputer

Beberapa hari ini saya terus memikirikan soal Tes masuk untuk lowongan IT yang akan di pakai perusahaan saya, karena sebagai IT Support jadi yang menyiapkan tes ini adalah saya sendiri

Tapi tidak semua Tes untuk IT Staf adalah soal dan materi, ada juga secara lisan yang menanyakan jika terjadi permasalahan di kantor tersebut. Untuk perusahaan besar permasalahan baik komputer, printer ataupun jaringan pasti akan di tanyakan.

Tes Masuk Perusahaan Untuk IT Jaringan dan Support
Saya sudah mencari beberapa contoh soal tes yang ada di Google rata-rata semua untuk IT yang sudah memiliki Sertifikat, jadi saya mencoba bahan tes lain. Sebelum menjadi IT Support di perusahaan saya yang sekarang, saya adalah mahasiswa yang malas untuk menghitung IP jadi untuk lebih mudah saya menggunakan Metode Hapalan :

128, 192 , 224, 240, 248, 252, 254, 255

Itu adalah range IP yang akan di gunakan untuk soal di bawah, Contoh soal yang saya buat 
Cari Network Address, Broadcast Address, Usable Host, Subnet Mask IP berikut :

1.  IP : 202.30.2.58 / 26
2. IP : 10.10.5.17 /25
3. IP : 111.125.30.16 / 28
Jawaban
Dimana setiap range IP terdapat lompatan 8bit jadi kita ambil dari 192 dan 254
IP : 202.30.2.58 / 26 = Berarti menggunakan lompatan 192 di mana subnet masknya adalah 255.255.255.192 bisa di artikan juga lompatan sebagai Subnet Mask

Ambil ujung host (254) – subnet yg di hitung (192) 
jadi 254 – 192 = 62 , 62 ini adalah jumlah host yang bisa di gunakan mulai dari 1 – 62 , 64 – 125 dst, setelah dapat 62 ini kita lihat soalnya lagi, 202.30.2.58 berarti termasuk di range 1 – 62 di mana Network Address adalah 202.30.2.0 dan Broadcastnya Address adalah 202.30.2.63 sedangkan Usable hostnya Dari 202.30.2.1 - 202.30.2.62

4. Anda serorang helpdesk dari bagian network. suatu saat anda dihubungi oleh user cabang yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat terkoneksi ke aplikasi AS400 dan aplikasi lainnya, apakah yang anda lakukan?

Jawaban
- ping ke servernya
- coba telnet ke servernya
- cek ke servernya langsung
- cek kondisi aplikasi apakah ada aplikasi yang mati

Setelah saya pastikan sendiri jawaban-nya banyak dari Lulusan S1 tidak mengetahui cara menghitung ip address, mungkin karena sudah terlalu lama dengan pekerjaan sebelumnya atau memang malas menghitung IP Address seperti saya.

Wawancara
Untuk perusahaan yang sudah memiliki departemen IT biasanya akan di wawancarai sendiri oleh SPV atau oleh Manager IT langsung, dari beberapa perushaan yang pernah saya ikuti wawancara-nya kebanyakan akan bertanya tentang ;
  • Cara membuat jaringan sederhana.
  • Troubleshooting printer.
  • Cara mengatasi virus.
  • Waktu untuk mengerjakan 1 unit komputer / CPU
  • Dan, berapa bayaran di perusahaan sebelumnya.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search